Posted in Review Buku

[Book Review] Polaris Musim Dingin

Halo~ 🙋‍♀️
Konbanwa, Minna-san!

Beberapa waktu lalu aku mendapatkan kiriman hadiah giveaway #PolarisMusimDingin dari kak @alicialidwina_ どうもありがとうございます!

Sejak pertama melihat cover novel ini di web gpu.id aku langsung naksir! 😍😍😍 Dasar aku, lemah pada buku sampul cakep. Apalagi ini biru langit malam dan salju. Otomatis masuk wishlist.

Hal lain yang membuatku tertarik membaca buku ini karena kak Alicia mengambil setting di Otaru, sebuah kota kecil di bagian utara Jepang, yang jarang kutemui di novel lain. I mean, tentu mudah menemukan novel dengan setting lokasi Tokyo, Kyoto, Fukuoka, Hokkaido, Sapporo, tapi Otaru? Baru kali ini kayaknya.

Otaru adalah kota kecil di Hokkaido, yang memiliki kanal yang cantik. Tapi biasanya para turis yang berkunjung ke Hokkaido memilih mendaki Fuji-san atau ke Sapporo saja.

Yah, walaupun belum pernah membaca buku penulis sebelumnya, aku tidak ragu untuk mencoba. Apalagi setelah melihat ulasan buku-buku sebelumnya yang cukup bagus di goodreads.com

Berikut Blurbnya:

20200223_163412

❓Sekuat apa ikatan Akari-chan dengan Sensei? Siapakah Hironobu Gen-san?

Sejak baca halaman pertama, aku sudah penasaran dan gak sabar baca sekali duduk. Tapi apa daya, cuma bisa baca pas malem aja dan akhirnya selesai dalam seminggu.

Penulis menggunakan pov 1 Higashino Akari. Sejak awal kita bisa merasakan sepinya hidup Akari sebelum bertemu Sensei, perempuan paruh baya pemilik kedai Shirokuma Bistro.

Ini tipe bacaan yang cocok banget sama aku. Diksinya bagus, plotnya rapi, alurnya maju-mundur bikin geregetan, dan tokoh-tokohnya berasa hidup. Deskripsi lokasi, budaya, dan waktunya lumayan detail, benar-benar memanjakan orang visual. Pengen banget ke Jepang!

Format novel ini dibagi menjadi 3 bagian: satu-dua-tiga

Dengan deskripsi tentang pertemuan di masa lalu- perpisahan di masa lalu dan pertemuan di masa kini.

Kita akan berkenalan dengan empat orang yang hidupnya berubah sejak bertemu Sensei:
👩Higashino Akari
👦Kitagawa Kyouhei
🧒Minami Ryuji
👧Nijishima Misaki

Membaca #PolarisMusimDingin membuatku teringat dengan perjalanan mudik lebaran tahun lalu: Jogja-Palembang PP tapi pake jalur darat dan udara mampir Jakarta dan Lampung. 🤣

Aku bisa bayangin gimana perjalanan Akari-chan dari Otaru (Hokkaido, Jepang Bagian Utara) ke tujuan akhir di Jepang paling selatan. 😱

Ceritanya mengaduk-aduk emosi, mengandung sedikit bawang, tapi plot twistnya gak bikin kaget-kaget amat sih. Aku suka eksekusinya realistis dan manis (?). Hingga di halaman 413 aku masih merasa kurang tebal. *dilempar bola salju sama kak Alicia* ⛄

Buku ini nyaris gak ada yang bikin aku gak puas, kecuali typo di halaman 189, 411 dan 413. Yang bikin terganggu terkait timelinenya, di halaman 19 disebutkan Akari ketemu Sensei 7 tahun lalu. Sensei pergi setahun kemudian. Di blurb disebutkan Sensei menghilang 5 tahun lalu, padahal ada jeda sekitar 7-8 tahun sampai Kyouhei, Ryuji dan Misaki mencapai impian masing-masing. Tinggal disinkronkan aja sih. Entah ditulis tahunnya di awal bab atau gimana gitu biar pembaca gak bingung.

Yang jelas aku penasaran dengan buku kak Alicia yang lain.

Rating usia: 15+
Rating: 4,8/5🌟

Peta Jepang