[Book Review] Rule of Thirds

Leave a comment

January 24, 2019 by loratadine

Judul Buku: Rule of Thirds
Penulis: Suarcani
Jumlah Halaman: 288 pages
Terbit: December 27th 2016
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN13: 9786020334752
[Blurb]

Apalagi yang paling menyakitkan dalam pengkhianatan selain menjadi yang tidak terpilih?

Demi mengejar cinta Esa, Ladys meninggalkan karier sebagai fotografer fashion di Seoul dan pulang ke Bali. Pulau yang menyimpan kenangan buruk akan harum melati di masa lalu dan pada akhirnya menjadi tempat ia menangis.

Dias memendam banyak hal di balik sifat pendiamnya. Bakat terkekang dalam pekerjaannya sebagai asisten fotografer, luka dan kerinduan dari kebiasaannya memakan apel Fuji setiap hari, juga kemarahan atas cerita kelam tentang orang-orang yang meninggalkannya di masa lalu. Hingga dia bertemu Ladys dan berusaha percaya bahwa cinta akan selalu memaafkan.

Ini kisah tentang para juru foto yang mengejar mimpi dan cinta. Tentang pertemuan tak terduga yang bisa mengubah cara mereka memandang dunia. Tentang pengkhianatan yang akhirnya memaksa mereka percaya bahwa hidup kadang tidak seindah foto yang terekam setelah mereka menekan tombol shutter

 

Halo~

Happy Thursday Minna-san!

Ketemu lagi dalam review novel Metropop. Akhirnya aku selesai baca buku ini setelah hampir setahun cuma bisa jadi wishlist. Desember lalu akhirnya punya buku ini dan sempat masuk antrian baca 1 bulan. Buku ini selesai dalam waktu 3,5 jam. Gaya tulisan kak Ari mengalir dan konfliknya bikin geregetan, jadi ya langsung habis sekali duduk.

Dari awal aku gak suka Ladys. Segitu cinta banget ya sama Esa sampe mau pindah ke Bali, kota yang dia tinggalkan selama dua belas tahun terakhir?

Ladys seorang fashion photographer di Korea banting setir menjadi wedding photographer di studio Pak Agung, Pamannya di Bali. Karena Ladys kesulitan menyetir kanan, (well, di Korea biasa pake setir kiri), Pak Agung meminta Dias, asisten fotografer, untuk menjadi supir sementara Ladys. Interaksi mereka selama tujuh bulan tanpa terasa menjadi momen menyelesaikan masa lalu mereka masing-masing.

Pov 1 Ladys menggunakan kata ganti “Saya” dan Pov 1 Dias menggunakan kata ganti “Aku”. Jujur saja awal-awal aku bingung, karena terbiasa membaca dengan Pov 3 atau Pov 1 salah satu tokoh. Tapi aku selalu suka pemilihan Pov 1 dua tokoh.

Alur maju-flash back. Deskripsi setting tempat dan budaya di Bali sangat kental. Berbeda dengan Purple Prose yang menyuguhkan aroma mistis dupa, di sini membahas tentang upacara kematian yaitu kremasi.

Karakter Dias, kurang tereksplorasi. Bagaimana Dias punya pemahaman teori tentang fotografi, feeling photoshoot yang keren dan skill editing yang canggih. Hanya dijelaskan kalau asisten fotografer cuma tukang angkut-angkut. Aku yakin, Dias punya waktu untuk latihan dan belajar dari fotografer di studio Pak Agung, tapi kurang banyak pembahasan tentang ini.

Cerita berfokus di interaksi para tokoh. Ladys-Esa-Rara, Dias-Prajna-Beni, keluarga Ladys, keluarga Dias dan teman-teman di studio. Tema yang diangkat selain tentang fotografi yaitu tentang perselingkuhan. Bagaimana keluarga Ladys dan Dias menjadi korban perselingkuhan ibu mereka, Ladys menjadi korban perselingkuhan Esa, Dias menjadi korban perselingkuhan Prajna, Hem, ya, sinetron banget sih. Tapi pesan yang ingin disampaikan sangat jelas dan ekseskusinya cukup baik.

Hal yang kurang yaitu bagian endingnya terlalu mendadak. Aku suka filosofi F&J, tapi sayang kurang dijelaskan. Pertanyaanku setelah baca adalah, “Dias dapat foto bagus pake kamera siapa?” wkwk. Aku terlewat baca atau memang poin ini terlewat?

Secara umum aku menikmati membaca novel ini. Sangat menghibur dan kurekomendasikan untuk yang tertarik dengan tema fotografi. Banyak istilah baru yang kudapat dari novel ini. Aku lebih suka Rule of Thirds daripada Welcome Home, Rain. Tapi, favoritku masih Purple Prose. Kurang baca Stardust Catcher nih. Ditunggu karya selanjutnya ya, kak Ari. Thank you for write this heart warming story. See you on next review!

Rating: 3,7/5 bintang

Rating usia: 21+

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 16,840 hits

Goodreads

Instagram

Daily Story

January 2019
S M T W T F S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 737 other followers

%d bloggers like this: