[Book Review] Break A Leg

Leave a comment

July 11, 2018 by yonea

📕Break A Leg
👧Author: Umi Astuti (@umi.a)
🖨Publisher: @naminabooks
📅 Cetakan ke-1: Februari 2018
🗝ISBN: 978-602-60229-9-8
🔖316 pages


Halooo~ 🙋
Satu lagi terbitan dari Namina Books, yaitu Break A Leg. Mari disimak~

[B•L•U•R•B]

Angesti adalah seorang Program Director di sebuah televisi swasta. Ia dikelilingi lingkungan yang super konyol —kalau tak mau disebut gesrek—bahkan keluarganya sendiri seperti itu.

Untuk itu, di usianya yang sudah 28 tahun, ia bertekad bisa mendapatkan lelaki serius agar hidupnya bisa lebih tertata. Ia lalu dikenalkan oleh Bima—sahabatnya— kepada Adam.

Berharap, mungkin saja Adam adalah tipe yang ia cari. Ternyata tidak. Adam sama konyolnya dengan yang lain.

Sampai suatu ketika, ia menemukan seorang lelaki serius dari lembaga yang serius pula: Komisi Penyiaran Indonesia, hanya lewat cerita sekilas Ajimara—bosnya. Mulailah Angesti mencari tahu tentang lelaki itu di media sosial. Twitter adalah satu-satunya jalan penghubung keduanya.

Berhasilkah Angesti mendapatkan lelaki idamannya? Atau ia memang harus menerima nasib berjodoh dengan makhluk konyol lain?

——–
Hayo, penasaran gak nasib Angesti gimana? Ngenes bener nasibnya emang. 😥

Kenalan dulu yuk sama tokoh-tokoh novel BAL:
👧 Angesti Anindya Niswara
28 Tahun, Program Director TV Swasta

👦Farhan Afriandi
34 Tahun, Kabag Humas KPI

👨 Bima Fattan
29 Tahun, Teman Angesti

👩Alisa Rosmiati
Teman Angesti

Ada banyak sih tokohnya.
Angesti ada grup gesrek namanya CMIIWW. Membernya selain Angesti, Bima dan Alisa, ada Kana, Wahyu, Resty, Lydia, dan Andre.

Ada juga Adam, teman Bima.

Dan yang penting ada keluarga Angesti; Papa Rayhan Saputra dan Mama Sukma.

Gimana kelanjutan misi Angesti mendapatkan suami serius?

Berada di lingkungan keluarga dan pertemanan yang gesrek, membuat Angesti menjadi pribadi yang santai dan berani, kalo menurutku nekat sih.

Suatu hari Bima mengajak Adam saat hangout bersama genk ToTaTi. Di sanalah Angesti bertemu Adam. Di saat yang sama, Angesti tertarik dengan cerita Puput tentang kanebo kering, Kabag Humas KPI yang ganteng tapi kaku abis bernama Farhan Afriandi. Angesti mulai kepo dengan mengakses twitter. Dia menemukan akun Farhan dan dengan nekatnya balas postingan. Haha. Bagian ini kocak sih. Yaampun, gak ngerti lagi.

Selain itu, Angesti terkena syndrome Tetangga-Zone dengan Mas Hamish. Sayangnya Mas Hamish udah mau nikah. Ketika mengantar Mas Hamish periksa di rumah sakit, ternyata Angesti bertemu Farhan. Uwow. Gimana kelanjutannya? Baca sendiri ya!

Novel ini mengambil setting Kota Jakarta dan lebih banyak di kantor televisi swasta. Ada kafe ToTaTi dan KaKoKu sebagai tempat pertemuan. Dan banyak juga di rumah Angesti dan Alisa.

Alur yang digunakan adalah alur maju. Pov 1 Angesti mendukung cerita ini kita nikmati sebagai sebuah diary. Dialog dan deskripsi berimbang. Tapi lebih banyak pengamatan Angesti dan obrolan dengan tokoh lainnya. Mudah dibayangkan gimana dilema Angesti dan interaksi dengan para tokoh.

Akan lebih kaya jika disajikan dengan pov 1 Farhan. Tapi gak masalah. So far cukup menghibur. Aku selesai baca dalam 2 hari.

🔍Kelebihan:
📽 Cover simpel tapi mewakili cerita.
📽 Bahasa yang digunakan sehari-hari. Cocok untuk pembaca perkotaan.
📽 Tema termasuk umum dan ringan. Cocok untuk bacaan selingan.
📽 Pov 1 Angesti memudahkan untuk memahami dilemanya.
📽 Tokoh banyak dan dialog antar tokoh mewakili permasalahan sehari-hari dan cukup sesuai dengan tema. Bagian awal lebih banyak membahas tentang Pilkada Jakarta 2016, cukup menggambarkan kondisi pekerjaan para tokoh.

🔎Kekurangan:
📽 mengambil setting jakarta dengan budaya gesrek dan dirty jokes, membuatku tidak terlalu nyaman membacanya. Sangat disarankan pembaca 21+ ya. Dedek2 gemes jangan baca dulu. Nanti roaming.
📽 Aku tidak menemukan konflik yang berarti, tantangan Angesti menarik perhatian Farhan kurang seru. Haha. Mungkin bisa dikembangkan lagi di karya berikutnya.

Btw, Aku penasaran side story Bima dan Alisa. 😁

Buat kalian yang penasaran juga, bisa segera meluncur ke toko buku terdekat atau klik toko buku online favorit untuk mendapatkan novel Break A Leg. Happy reading~

Terimakasih kepada @naminabooks dan kak @umi.a untuk kesempatan berkenalan dengan Angesti dan Farhan. Ditunggu karya selanjutnya ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 17,327 hits

Goodreads

Instagram

Daily Story

July 2018
S M T W T F S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 765 other followers

%d bloggers like this: