My December

Leave a comment

December 5, 2013 by loratadine

Halo~ udah Desember yak? Desember selalu mengingatkanku dengan My December-nya Linkin Park dan tentu saja, Winter. Aku ingin sekali berada di negeri empat musim dan menyentuh salju. Pertanyaan “kapan pengumuman PNS?” makin sering terlontar dari teman-temanku.

Lima kali tujuh jam selama sepekan kuhabiskan di RSIY PDHI dan entah sudah berapa kali koordinator unit farmasi bertanya hal yang sama. Aku tau, sebagai rumah sakit tipe-D tentu status akreditasi sangat-sangat diusahakan. Banyak sekali standar pelayanan yang harus dibenahi. Sebagai pendatang baru, beberapa kali aku diajak berpikir tentang Standar Prosedur Operasional (SPO) a.k.a SOP. Beliau begitu terbuka terhadap masukan-masukan dari pengalamanku selama PKPA di RSPAD Gatot Soebroto. Bahkan bundel laporannya sudah kuserahkan pada beliau.

Kemarin abis rapat unit farmasi. Beliau menyampaikan program farmasi 2014. Sungguh, banyak cita-cita beliau. Tentunya sangat membutuhkan tambahan SDM yang bisa diajak berpikir bersama. SDM sekarang ada 14 karyawan tetap dan 6 orang part-timer. Dari 14 orang itu, apotekernya cuma 2, yang satu katanya mau resign. Dari 6 orang itu apoteker ada 4, tapi yang dua mau fokus di apotek dan yang dua nunggu pengumuman tes cpns. Jika kelima apoteker tersebut resign dari rsiy, tentu saja Apotekernya tinggal koordinator tersebut. That’s why sekarang lagi rekrutmen 2-3 orang.

Lalu, aku teringat konsep doa diantara Khauf dan Raja’, takut dan harap. Itu adalah sikap kita pada Allah. Kita takut tidak pantas menerima itu, tapi juga berharap doa itu terkabul. I’tiraf.

Wahai Tuhan, ku tak layak ke surga-Mu Namun tak pula, aku sanggup ke neraka-Mu. (Raihan-I’tiraf)

Satu sisi aku tidak ingin lulus cpns karena akan banyak hal-hal baru yang mungkin harus kuperjuangkan. Idealisme yang terbentuk selama lebih dari 6 tahun di Jogja tentu akan bersinggungan dengan realita di Baturaja. Kemandirian yang terlatih selama lebih dari 9 tahun tidak tinggal dengan orang tua mungkin akan tergerus ketika kembali ke rumah. Kemudahan mobilitas di Jogja tentu akan berganti dengan fasilitas di rumah.

Ntar kalo mau beli buku di mana? Online shop? Minta tolong beliin Rika? Ntar kalo gini gimana? Trus kalo gitu gimana?

Sisi lain aku tidak ingin orang tua kecewa. Banyak harapan orang tua. “Gek kalo kau lulus pns, bla.. bla.. bla..”

Seorang teman berkata, “Antum aneh, Ne. Biasanya banyak yang pengen mengabdi di tanah kelahiran. Lah antum…”

Mungkin beda sudut pandangnya kali ya?

Ada lagi adek kelas yang bilang, “Bisa jadi takdir mbak lewat ridho orang tua..”

Hati manusia berbolak balik.

Dulu, aku selalu dimotivasi untuk tidak pulang. Terserah mau kerja di mana asal nggak balik ke Baturaja. Mau tetap di Jogja, entah ke Jakarta, Bandung, Kalimantan.. Sekarang, kekeuh nyuruh jadi pns. Bahkan kemarin ketika aku tidak berhasil mendaftar di BPOM, disuru daftar di daerah.

Aku tidak pernah suka dengan kenyamanan, tapi kadang tak cukup kuat untuk mendapat tekanan dari berbagai sisi. Ya, Rabb, tunjukkan jalan terbaik.

Yang jelas mulai bulan ini uang kirimanku dipotong karena duitnya untuk bayar angsuran motor adek. Ya, aku sadar, harusnya ketika sudah resmi lulus, orang tuaku sudah tidak perlu mengirimi lagi. Tapi gaji part-timer di RSIY baru setengah dari kiriman dari orang tuaku. Mungkin sudah saatnya aku lebih berhemat.

Banteng Jaya II, 5 Desember 2013, 07:39

#STPC

#STPC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 16,862 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

December 2013
S M T W T F S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 737 other followers

%d bloggers like this: