Hari-Hari Sunyi

Leave a comment

July 10, 2013 by yonea

Aku ingat kata-kata Bu Bondhan, dosen mata kuliah Etika dan Perundang-undangan Farmasi, sekaligus Apoteker di Apotek UGM, pada kuliah perdananya. Beliau berkata, “Akan ada hari-hari sunyi setelah Sodara lulus nanti. Okelah setelah ujian masih bisa maen ke mana. Waktu Sodara disumpah apoteker, masih bisa berbahagia, menikmati kelulusan. Tapi setelah itu, akan muncul rasa galau. Mau kerja di mana? Kapan nikah? Mau tetap di Jogja atau pulang ke rumah? Dan berbagai pertanyaan lain.”

Jujur, aku masih belum percaya kalo sudah selesai ujian kompre. Berkali-kali aku bertanya pada diri sendiri, Ini beneran kompre udah kelar? So silly, right? Tapi emang rasanya seperti mimpi. Aku sudah selesai melewati masa-masa sulit di Farmasi UGM. Hampir lima tahun di S1 dan ditambah satu tahun profesi.

Lalu, setelah ini mau ke mana? Ibuku pernah bilang supaya aku jangan pulang. Dalam artian teruslah merantau. Emang mental ayah ibuku mental perantauan sih, jadi nggak pengen aku dan adekku Eza, berpikir sempit. Mereka ingin kami menimba pengalaman sebanyak-banyaknya di negeri orang. “Jangan mikir balek, Ne. Jadilah Yai bae yang nunggu rumah tuo.“

Yah, ceritanya kakekku adalah anak kesayangan, yang dititipin kakek buyut untuk menjaga rumah warisan itu. Hingga rumah kakek kemudian dijual untuk modal usaha toko baju yang akhirnya gulung tikar. Sungguh, keberhasilan ibuku bersaudara sekarang tidak lain karena kerja keras dan keikhlasan mereka.

Baturaja adalah salah satu ibukota kabupaten yang sedang berkembang. Dulu ketika SMA, toko obat sudah menjamur, tapi apotek hanya hitungan jari. Entah kenapa aku memilih Farmasi sebagai pilihan pertama dan Teknik Kimia sebagai pilihan kedua. Lalu, akhir semester 3 tibalah saatnya aku memilih minat. Antara farmasi klinik komunitas (FKK) atau farmasi sains industri (FSI). Waktu itu farmasi bahan alam (FBA) sudah dimulai di semester 1. Sesungguhnya aku ingin bekerja di industri. Tapi membayangkan 2,5 tahun ke depan akan berkutat dengan praktikum dan laporan, aku memilih FKK saja.

Nah, sekarang dengan status “pengangguran”, aku masih harus di Jogja menyelesaikan urusan administrasi semacam syarat-syarat yudisium. Selain itu ya memastikan kelanjutan kerjaku di apotek. Ah, ya, sesungguhnya Mbak Aping sedang bingung. Ada beberapa urusan yang belum selesai. Jadi ya aku tadi cuma bisa berkata dengan santai, “Yaudah mbak, kalo emang mbak masi bisa lanjut di sini ya lanjut aja. Aku kan rencananya cuma nggantiin mbak. Kalo mbak nggak jadi resign yaudah aku nyari kerjaan lain.”

Santai banget si gue bilang begitu? Haha. . Tapi emang prinsipku yang namanya rejeki ya pasti ada jalannya. If there is a will, there is a way. Kata MRku coba aja masukin lamaran di akademi farmasi, RSA atau manalah. Yah, rata-rata temenku kerjanya di  2 apotek. Pagi-sore di apotek A, sore-malem di apotek B. Keren deh.

Besok Ramadhan, sesungguhnya aku ingin menghabiskan Ramadhan di rumah saja. Tapi ya kuselesaikan dulu urusan yudisium kali ya? Ah, ya si embak juga minta aku handle apotek seminggu ini dulu, supaya beliau bisa fokus menyelesaikan urusannya. Aku hanya bisa mengangguk setuju. Mungkin besok aku sudah bisa memesan tiket pulang ke Baturaja untuk pekan depan? Tapi jadi nggak ikut i’tikaf dong? Hfft.  Yah, mungkin di sana aku bisa melibatkan diri di pesantren kilat atau buka bersama SMA, melebur di antara anak-anak Rohis SMA se-Baturaja, reuni dengan teman-teman SMA. Who knows? I miss myself when I was a senior high school student.

Sabtu-Ahad insyaallah aku dan Eza mau maen ke Klaten, sekalian pamitan aja dong kalo aku minggu depan mudik. Ehehe… Eza sekarang freelance di Solo Kota Kita (SKK). Rencananya mudik tanggal 25 Juli. Jadi kemungkinan kami nggak mudik bareng.

This is Monday, you know? Ini baru awal pekan. Masih banyak harapan yang bisa ditebar. Have a nice Monday!

Anugrah Wibowo, 8 Juli 2013, 11:25

554804_10150890594012795_53826591_n.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 17,294 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

July 2013
S M T W T F S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 765 other followers

%d bloggers like this: