Mutiara Terjalin

Leave a comment

January 18, 2013 by yonea

Masa transisi adalah masa yang rentan. Waktu libur antar semester seperti ini ada yang mudik atau Kerja Praktek (KP) di luar kota. Tapi ada juga yang stay di Jogja sampai semester baru tiba. Siang ini, kami berencana untuk rihlah lingkaran. Dari 10 orang, yang jelas tak bisa hanya satu karena ia masih mudik. Karena esok senin ada 2 orang yang berangkat KP di luar Jogja untuk 1 bulan, dan ada beberapa yang mudik. Berarti ini adalah liqo’ terakhir mereka. Sedangkan aku, insyaallah Februari PKPA di Jakarta. Kata Sensei-ku sekalian aja dibubarin. Yang masi stay di Jogja tetap dihandle sampai rolling akhir Januari.

Maka kami sepakat bahwa ini akan menjadi liqo’ wada.

Sekitar jam 9 pagi, ada sebuah SMS:

D: Mbak, aku ijin ra melu liqo’. Ada saudara yang ninggal

Me: Innalillahi wa inna ilaihi rajiun.. Siapa D? Takziyahnya di mana?

D: Saudara jauh. Menantu adik mbahku.

Me: Takziyahnya di mana?

D: kampung sebelah.

Aku pernah mengalami kasus serupa. Karena yang ninggal adalah keluarga jauh, maka temanku tidak berkenan kami datangi.

Pukul 12, ada SMS lagi.

T: mbak, afwan, saya semalam begadang. Ini pusing banget nggak enak badan. Ijin ya mbak. Padahal hari ini jalan2 kan? Tapi saya nggak bisa ikut.

Mahasiswa mana sih yang nggak begadang demi tugas kejar deadline? Yasudahlah.

Setelah dzuhur aku berangkat ke tempat ngumpul. Baru ada satu orang. Sebut saja W. Tak berapa lama kemudian R dan M datang. Sudah setengah 2 ketika F dan I baru muncul. Lalu peserta terakhir yaitu L dan H. Yak, lengkap, 7 hadir, 3 izin. Sementara jam tanganku sudah menunjukkan pukul 2.

Tiba-tiba ketika kami mau berangkat ke TKP, si W ijin pulang duluan. Mau daftar les bahasa Inggis. Hari ini terakhir jam 3. Si L juga ijin mau ke kampus bentar ngumpul berkas KP. Tadi akademik tutup, katanya jam 2 buka. Yaelah, kenapa si ini anak-anak gampang banget ijin? Astaghfirullah…

Oke, akhirnya kami berangkat berenam doang.

Tiket masuk Monjali Rp 7.500. Tentunya taman pelangi lebih bagus kalo malem. Kami berenam langsung masuk museum. Baru 2 ruangan, si I nanya, “Mbak, ntar ada ngelingkarnya nggak?”

“Iya,” jawabku.

“Gimana kalo ngelingkar dulu, Mbak? Saya abis Ashar ada agenda.”

Haaah? Aku cuma bisa tercengang. Kutahan diri untuk tidak membentaknya, Gile lu, kite baru nyampe nih, segitu pentingnya acara lu daripada liqo’ ini?

“Yaudah, yuk, keluar dulu. Ntar abis ashar yang mau muter monggo, yang ada agenda pulang duluan aja.”

Maka kami berenam keluar dan mencari tempat yang enak untuk liqo’ seperti biasa: iftitah, tasmi’, kultum, materi, khotimah. Karena sudah ashar, yaudah, bubar deh. 3 orang pamit duluan. Yang 2 hanya bisa terpaku di kursinya.

“Kukira kita bakal sampe malem di sini,” gumam F.

“Yah, aku juga pengennya gitu, F.”

“H, kamu abis ni ada acara nggak?”

“Nggak koq, aku free.”

“Sip. Kita sampe malem yuk. Gila aja, kita udah bayar tuju setengah meeeen… Masa cuma bentar doang?”

“Iya, bisa buat sekali makan!” sahut H.

“Mbak Ne ada acara?”

“Nggak ada, cuma janjian ketemu orang jam 5. Pokoknya kalo dia SMS baru kusamperin.”

“Yes. Berarti kita muter ya, Mbak?”

“Oke.”

Tak lama kemudian, L muncul.

“Yaaaah.. Koq udah bubar sih? Maaf ya, Mbak, akademiknya baru buka setengah 3”

“Pada punya acara L. Yaudah si. Abis ni ada acara nggak? Kita mau keliling.”

“Nggak ada koq, Mbak.”

Abis sholat ashar di mushola Al-Jariyah yang berukuran 3 m x 3 m, kami makan di warung sebelahnya. Lalu, kami berjalan mengelilingi monumen museum. Tiap nemu objek bagus, kami berhenti. Nggak sia-sia aku pinjam pocket camera teman.

Jam 5 lebih, ada SMS masuk. Temanku dalam perjalanan menuju tempat janjian. Yasudah. Kami pun segera menyudahi perjalanan sore ini. Entah kapan bertemu mereka lagi. Jika di dunia, semoga kami bertemu dalam keadaan yang lebih baik. Terlebih dari itu, semoga kami bertemu lagi di Jannah-Nya kelak. Amiiin..

Salima, 18 Januari 2013, 21:53

SAM_0078

SAM_0115SAM_0085

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 17,327 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

January 2013
S M T W T F S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 765 other followers

%d bloggers like this: