Lempuyangan-Balapan

2

November 24, 2012 by loratadine

Demi mengambil STNK yang terbawa ayahku dan mengantar foto wisuda yang diambil di studio dadakan yang sudah jadi, kamis sore aku ke Solo. Usai praktikum pengganti, pengenalan alat kesehatan di lab MFFM di unit III, aku segera menuju Lempuyangan.

Aku sampai di Lempuyangan sekitar pukul 15.35. Jadwal Prameks berikutnya 16.23. Tapi, setelah kucermati ternyata eh, ternyata, Prameks jam tersebut akan menuju Kutoarjo, sedangkan aku mau ke Balapan. Beda arah, bo! Maka terpaksa aku membeli tiket kereta Sriwedari pukul 17:51 yang harganya dua kali lipat. yasudah, daripada nunggu Prameks 3 jam lagi..

Maka 2 jam itu kuhabiskan dengan membaca novel yang kubawa. Pesanan adikku sesungguhnya. Dan begitulah kami, saling tukar baca novel. Topik obrolan kami terbatas tentang bacaan, keluarga dan kegiatan akademik, karena kami beda bidang, beda hobi dan beda komunitas.

Tak banyak yang kuamati selain menikmati hujan yang turun dengan menghabiskan hampir setengah dari novel tersebut. Padahal aku baru membelinya Rabu malam kemarin. Entah karena bahasanya yang mengalir, atau karena mood bacaku sedang bagus. Setelah sholat Maghrib, kereta yang ditunggu pun tiba. Waduh, full! Bakal lesehan nih! pikirku. Tapi Alhamdulillah, ada bapak-bapak yang mempersilahkanku duduk menggantikannya. Maka, aku bisa melanjutkan bacaku dengan tenang.

Sesampainya di Balapan, aku langsung menuju lobi depan untuk menunggu jemputan adikku. Gerimis masih menghujani Solo. Tak lama, adikku datang membawa jas hujan dan helm. Kami kemudian membeli mie ayam dan nasi goreng. Ayah-ibuku bukan tipe yang suka makan di luar. Mereka lebih suka beli bungkus dan makan di rumah.

Jum’at pagi, usai sholat Subuh, aku segera bersiap untuk menuju Jogja. Kuliah Manajemen Pemasaran Farmasi akan diadakan pukul 7 nanti. Salah satu mata kuliah favoritku yang tak akan kulewatkan jika tidak terpaksa. Dan perlu diingat bahwa dosennya sangat menghargai waktu. Maksimal terlambat 10 menit. Aku hanya berharap Prameks dengan jadwal pukul 05.30 gak ngaret. Sebagai alternatif, aku meng-SMS Rika untuk mengambilkan buku dan catatanku yang masih di Salima sebelum ia berangkat ke kampus.

Suasana Balapan di pagi hari


Sepanjang perjalanan, aku mengamati para penumpang. Kebanyakan adalah pekerja kantoran ataupun mahasiswa yang nglaju alias pergi pagi-pulang malam lintas kota-lintas provinsi. Ada yang terkantuk-kantuk, tidur, maupun mengobrol dengan asyik. Setelah menyelesaikan tilawahku, aku melanjutkan membaca Pride and Prejudice. Aku membawa novel itu ke Jogja lagi karena adikku belum selesai membaca Mansfield Park, novel Jane Austen yang lain, yang juga belum kuselesaikan karena lebih banyak deskripsi daripada dialog.

Ada banyak hikmah perjalanan jika mau memaknainya. Perjalanan panjang tak terasa jika dilewatkan dengan tidur, membaca, mengobrol atau menikmati perjalanan. Dan akan jadi panjang jika dihabiskan hanya untuk melamun. Padahal, salah satu waktu doa yang mustajab adalah ketika dalam perjalanan, dan waktu hujan. Yuk, manfaatkan perjalanan dengan kegiatan bermanfaat. Have a nice trip!

Salima, 24 November 2012, 07:28

1,5 jam sebelum ngerjain tugas kelompok

 

2 thoughts on “Lempuyangan-Balapan

  1. sepertinya profesi itu sangat menyenangkan ya…
    pengin kuliah lagi 🙂

  2. loratadine says:

    Menyenangkan? Sangat, Mbak. Hidup jadi lebih teratur.. Ayo, Mbak. Gek ndang mari skripsine ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 16,850 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

November 2012
S M T W T F S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 737 other followers

%d bloggers like this: