#ComdisLuarBiasa

Leave a comment

November 6, 2012 by loratadine

Tweets

#ComdisLuarBiasa 10′ ktm pasien, skrining resep 10′ ngitung dosis 10′ bikin sediaan 10′ bikin copy resep+konseling pasien

rika widyarika widya ‏@rikawidyaiswari 2h

praktikum plg super sepanjang sejarah.. hho.. hetic#comdisluarbiasa. knp ga dr dlu y sistem gini.. cc: @bakla_yonea 

Yonea BaklaYonea Bakla ‏@bakla_yonea 2h

#ComdisLuarBiasa 40 mnt berlalu dg sangat cepat

Begitulah gambaran kerusuhan yang terjadi di laboratorium Manajemen Farmasi dan Farmasi Masyarakat Bagian Farmasetika Fakultas Farmasi UGM beberapa jam lalu. Praktikum ini terlaksana setelah menjalani empat kali praktikum compounding dispensing dengan topik praktek pelayanan resep, satu kali praktikum kering (ngerjain kasus di lab komputer), satu kali presentasi-diskusi dan midterm 3 macam ujian. Kami sudah membaca (hampir) habis buku Kapita Selekta Dispensing dan Buku Saku Obat-Obat Penting demi menjalani hari-hari sebelum ini.

Semalam ada yang begadang karena membaca berbagai hal tentang farmasetika, tapi tak sedikit juga yang tidur cepat tanpa beban karena hari ini tidak ada pretest. Ada juga yang online sampai malam karena merasa hari ini akan baik-baik saja. Dan… Eng-Ing-Eng.. Beginilah realitanya~

Kelas A Profesi terdiri dari 82 orang yang dibagi menjadi 4 Golongan. Tiap golongan praktikum terdiri dari 20-21 orang. Metode praktikum kali ini mengikuti model ujian kompetensi apoteker, sehingga 2 golongan digabung. Berarti total sekitar 40-42 orang yang mengalami peristiwa luar biasa pagi ini. Tiap peserta diminta mengambil nomer giliran, kemudian menunggu diluar.

Harap-harap cemas menunggu giliran

Praktikum kali ini dilalui dengan menjalani 4 pos, masing-masing waktu di pos 10 menit.  Tiap giliran ada empat orang, yaitu masing-masing nomer giliran 1 dan 2 dari golongan I dan II. Setelah 10 menit, ada bel yang berbunyi sebagai tanda untuk nomer urut 3 dan 4 masuk ke pos I. Peserta dengan nomer urut 1 dan 2 menuju pos II. Sepuluh menit berlalu, bunyi bel lagi. Peserta 1 dan 2 ke pos III, peserta 3 dan 4 ke pos II, sedangkan peserta nomer 5 dan 6 ke pos I. Sepuluh menit kemudian peserta 1 dan 2 ke pos IV, peserta 3 dan 4 ke pos III, peserta nomer 5 dan 6 ke pos II, sedangkan peserta 7 dan 8 ke pos I. Dan begitu seterusnya sampai semua peserta selesai.

Trus, ngapain aja di pos?

Pos I: Menerima resep dari pasien (diperankan oleh anak s1) –> peserta praktikum melakukan skrining resep *sumpah, tulisan dokternya gak jelas* –> Kalo ada yang mau ditanyakan, bisa ke dokter (diperagakan oleh dosen) –> Ada buku-buku standar (ISO, MIMS, IONI, Drug Interaction) –> Tanyakan pada pasien informasi yang dibutuhkan (alergi obat, riwayat penyakit, gejala, keluhan, sudah bisa menelan tablet/belum, dll) JANGAN LUPA SENYUM 🙂 *tegang banget sih tadi!

Pos II: Menghitung dosis –> Kalo urusan di pos I belum selesai, bakal ribet disini nyari obat lagi. Padahal harusnya tinggal ngecek sediaan lazim dan dosis lazim. Pastikan dosis di resep udah sesuai dengan dosis perhitungan. Kalo belum sesuai ya diatasi. Boleh bilang ke dosen. Tapi nggak bilang juga nggak papa.

Pos III: Meracik sediaan sesuai resep yang sudah dicek (kalo ada perubahan ya sesuai perubahan) –> gak asal cepet yang penting jadi. Harus teliti lho cara nyampurnya gimana. Jangan sampe ada interaksi farmasetis ataupun klinis *tapi tadi udah gak mikir lagi saking stressnya.

Pos IV: Menyerahkan sediaan yang sudah dikerjakan di pos III kepada pasien disertai konseling yang diperlukan. Jangan lupa bikin copy resepnya juga ya. Copy resep adalah hak pasien yang seringkali lupa diserahkan.

Kalian tau, apa yang membuat tegang selama 40 menit itu? Bunyi bel dan dosen keliling.. Haha.. Sampai jumpa di comdis selasa depan! Semoga lebih siap daripada hari ini 🙂

Salima, 6 November 2012, 11:16

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 16,850 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

November 2012
S M T W T F S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 737 other followers

%d bloggers like this: