Novel Unik

2

September 13, 2012 by yonea

Cerpenku pernah dibantai di sebuah forum karena gak ada sudut pandangnya. Waktu itu aku menyangkalnya dan mengatakan bahwa tulisanku pake sudut pandang orang ketiga. Kemudian, temanku itu bilang bahwa kalo gak ada sudut pandang, emosi pembaca gak akan teraduk. Oke, akhirnya aku merombak ulang cerpen tersebut.

Kalian pernah baca novel dengan sudut pandang orang pertama (tokoh utama pake kata ganti Aku)? Pasti sering. Kalo sudut pandang orang ketiga (kata ganti tokoh utama Dia atau Nama)? Tentu banyak.

Dari puluhan novel Afifah Afra, yang menurutku alurnya unik yaitu Katastrofa Cinta. Mbak Afra pake sudut pandang orang ketiga. Yang bikin beda karena dalam novel itu ada semacam pola: bagian ganjil tentang tokoh Astuti, bagian genap tentang tokoh Cempaka, dan di-ending-nya ketauan deh gimana sesungguhnya hubungan Astuti dan Cempaka. So complicated!

Ada yang unik dari beberapa novel yang kubaca dalam beberapa waktu terakhir ini. Sebut saja tokohnya 2 orang: A dan B. Bagian satu pake sudut pandang si A, bagian dua pake sudut pandang si B, bagian tiga dari si A, dan seterusnya. Bingung? Oke, contohnya novel Summer in Seoul, Autumn in Paris, Winter in Tokyo, Spring in London dan Sunshine Becomes You (Ilana Tan), Remember When, Ai, Refrain (Winna Efendi), Dimi is Married, Cinta Paket Hemat (Retni SB). Tapi, you know, itu yang nulis cuma satu orang.

Aku selalu penasaran gimana cara bikin novel kolaborasi. For now, I just what to know, don’t want to do. Beberapa novel kolaborasi yang pernah kubaca yaitu Tarapuccino (Riawani Elyta dan Rika Y. Sari), Oppa and I (Orizuka dan Lia Indra Andriana) dan tentu saja GagasDuet. Baru empat dari tujuh yang sudah kubaca. Ada yang mau ngasih aku kado yang tiga lagi??

  1. With You (Christian Simamora dan Orizuka). Novel ini tentang pengalaman yang berbeda dari dua orang sepupu bernama Cindy dan Lyla selama 24 jam. Bagian satu tentang Cindy a.k.a. Cinderella yang ketemu Jere, sedangkan bagian dua tentang Lyla yang ketemu Juna. Kalo ditanya: ni novel kategorinya teenlit atau metropop? Menurutku sih 1/2 dewasa 1/2 remaja. Secara, style penulisnya kontras banget. Jadi, gak masalah kalo cuma baca setengah.
  2. Truth or Dare (Winna Efendi dan Yoana Dianika). Karya Winna selalu tentang friendship, yang satu ini juga. Bagian pertama dari sudut pandang Alice, sedangkan bagian dua dari sudut pandang Cathy. Membaca ini seperti membaca satu buku utuh dengan alur yang unik. Penyampaiannya mirip Ai. Ceritanya terlalu tragis untuk dialami, tapi cukup masuk akal.
  3. Harmoni (Ollie dan Wulan Dewatra). Ada dua cerita berbeda di sini. Bagian satu tokohnya Lily dan Ryan, sementara bagian dua tentang Andien dan Gara. Keempat tokohnya gak saling kenal, gak ada hubungan darah, temanya pun beda, yang satu tentang semangat menggapai cita-cita, yang satu tentang penyesalan. Yah, insight yang kudapat adalah titik balik tokoh hingga ia mampu untuk melompat lebih tinggi, dengan atau tanpa orang yang menjadi penyebabnya. Kontras. Bagian satu bikin semangat, bagian dua bikin tertegun. Agak berat sih, tapi keren!
  4. Bittersweet Love (Netty Virgiatini dan Aditia Yudis). Sekilas ini novel teenlit banget. Tentang cinta garis lurus #apadeh. Gimana gak coba? Relationship-nya gini: Hefin -> Nawang -> Artan -> Joanna -> Michael. Setelah baca keseluruhan isinya, ternyata eh ternyata ini novel tentang broken home. Koq bisa? Starting poin-nya adalah ketika ayah dan ibu Nawang bercerai, lalu ayah Nawang (Surya) menikah dengan ibu Hefin (Hesty), sedangkan ibu Nawang (Ajeng) menikah dengan ayah Joanna (Adjie). Bagian pertama dari sudut pandang Nawang, sedangkan bagian kedua dari sudut pandang Joanna. Kesimpulannya? Baca aja sendiri!

Banyak buku unik di luar sana yang belum kubaca. Dari jaman aku mulai bisa baca (umur 3 tahun) sampai sekarang, dunia literacy Indonesia sangat berkembang di antara maraknya komik Jepang, komik Korea, dan novel terjemahan. Paling gak ini menunjukkan bahwa dunia baca, tak terlupakan diantara histeria demam Korea.

Happy reading~

Salima, 13 September 2012, 23:51

Merindukan Novel Remaja Islami hadir kembali

2 thoughts on “Novel Unik

  1. hobi baca emang gak ada matinya, ane baru baca novel terbarunya Tere Liye nih…
    beda banget sama novel-novelnya yang dulu 😀

  2. loratadine says:

    Wah, aku blm baca smw buku beliau mbak,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 17,319 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

September 2012
S M T W T F S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 765 other followers

%d bloggers like this: