Fiksi Berseri

Leave a comment

April 29, 2012 by loratadine

Yonea Bakla’s collection telah hampir mencapai 200 judul. Kalo diliat-liat, perbandingan fiksi dan nonfiksi 50:50. Diiat lebih cermat, yg nonfiksi kebanyakan seri atw trilogi dengan penulis beragam. Tiap penulis punya gaya menulis yang khas. Dalam berbagai karya, penulis yang sama pun tetap tak terlepas dari style-nya.

1. Afifah afra

Hampir semua karya beliau lebih mengutamakan konflik batin, mempertahankan idealisme dan fokus pada komunitas sosial tertentu dengan ending sangat tidak tertebak. Lihat karya beliau:

^ Tentang Sejarah

– Trilogi Bulan Mati di Javashe Orange, Syahid Samurai, dan Peluru di Matamu

Menggambarkan Indonesia sebelum merdeka. Mulai dari masa Belanda, Jepang dan proses-proses menuju kemerdekaan. Buku yang cukup tragis endingnya. Terlihat keseriusan mbak Afra dalam menggarapnya.

Katastrofa Cinta ada sedikit kemiripan dengan trilogi ini, namun dengan tambahan masa Reformasi. Keren. Cerita 3 generasi.

– Jangan Panggil Aku Josephine ada keterkaitan dengan Katastrofa Cinta. Padahal jarak penerbitannya cukup jauh.

– De Winst dan De Liefde –> tampaknya akan menyusul 2 judul lagi, hingga menjadi tetralogi.

^ Tentang dunia kesehatan: Cinta Adinda (tentang Skizophrenia) dan Obituari Kasih (tentang dokter yang bertugas di pedalaman Papua)

^ Tentang Remaja

– Serial Elang, saya baru baca satu judul: Cinta Gaya Britney.

– Princess Diva (serial terbaru)

^ Tentang Isu Kriminalitas

– Trilogi Ilalang

Dengan kasus pabrik kertas mencemari lingkungan perkampungan pinggir sungai.

– Serial marabunta

#1. Topan Marabunta

#2. Kudeta Sang Mabunta

#3. Bunga-Bunga Biru

#4. Ode untuk Cinta

#5. The Return of Baracuda (dimuat secara bersambung di Majalah Girlie zone-Gizone edisi 1 hingga 18)

dengan tokoh utama Topan Segara dan Sabrina (Baracuda).

Mengangkat tema Preman-Sindikat Narkoba-dengan sedikit peran polisi.

Dengan latar Semarang dan Jakarta, serta pesisir pantai selatan Banyumas.

Saya menebak karena mbak Afra berkecimpung di komunitas pinggiran di Surakarta.

2. Azzura Dayana

Saya baru membaca beberapa karyanya, antara lain Rumah Fosil, Birunya Langit Cinta dan Alabaster. Ketiganya menggambarkan petualangan para tokoh. Menceritakan pengalaman dan perjalanan.

3. Jazimah al-Muhyi

Menyelipkan hikmah ditiap cerita. Lihat saja:

– Serial akta

#1. Kelelawar Wibeng

#2. Gendut Oke, Hitam…

#3. Ada Duka di Wibeng

Kumpulan Cerpen Dilema Iman Sandra dan Sketsa Putih.

4. Asma Nadia

Tentu kalian sudah akrab dengan serial Aisyah Putri, Kumcer Rembulan di mata Bunda, Emak Ingin Naik Haji, Ayat Amat Cinta, dll. Penyampaiannya ringan, dengan selingan kocak yang segar, tapi sungguh mengena.

5. Fahri Asiza

Semua ceritanya sinetron banget. Hehe.. Coba baca Menjemput Matahari, Karena Waktu Telah Tiba, dll. Beliau memang expert dalam membuat skenario. Buktinya beliau pernah menggarap Office Boy dan beberapa serial di RCTI.

6. Pipiet Senja

Saya baru membaca Lakon Kita Cinta, namun sudah terbaca bahwa semua buku beliau akan mengangkat tentang perjuangan menghadapi penyakitnya dan mempertahankan keluarganya.

7. Adzimattinur Siregar

Tentang geng remaja yang ngocol abis. Liat Serial Coverboy Lemot 1-3, Loving U, Bubble Gum dan Meski Pialaku terbang (Belum semua saya punya).

Kekompakan Pipiet Senja dan Adzimattinur Siregar dapat dibaca dalam buku “Mom and Me”.

8. M. Irfan Hidayatullah

Ada banyak karya beliau. Namun, yang baru saya baca yaitu Kumcer Dari Ruang Tunggu dan Jangan-Jangan Kamu Bukan Manusia. Sungguh sastra tingkat tinggi, dengan metafora yang agak membingungkan. Haha.. Mungkin saya tidak terbiasa baca yang berat kali ya..

9. Esti Kinasih

Seperti kebanyakan teenlit yang lain, saya akan bisa menebak endingnya. Tapi saya akui mbak Esti bisa mengaduk-aduk emosi pembaca dengan proses kompleks yang seru. Saya baru membaca Fairish dan Trilogi Jingga; Jingga dan Senja, serta Jingga dalam Elegi (Jingga untuk Matahari belum terbit). Saya belum berkesempatan membaca karya beliau yang lain seperti Cewek, Still.. dan Dia tanpa Aku (ada yg punya?)

10. Pramudya Ananta Toer

Dulu, saya pernah iseng baca buku beliau yang judulnya “Bumi Manusia”. Tampaknya itu buku yang paling tebal yang pernah saya baca. Walaupun beliau pernah dapat nobel sastra, tapi saya tidak tertarik membaca buku-buku beliau lainnya. Mesti isinya tidak cocok untuk anak-anak seperti saya. ^^v

11. Deasylawati

Penulis baru ini cukup produktif menulis buku fiksi dan nonfiksi. Saya sudah membaca Ore wa Ren! dan Livor Mortis. Keduanya tidak terlepas dari kehidupan di rumah sakit, terutama Livor Mortis. Saya jadi tersentak. Dalam hampir semua buku yang mengangkat tema kesehatan, yang terlihat hanya peran dokter dan perawat. Peran pharmacist-nya mana?

Ada beberapa penulis lain yang sudah saya baca karyanya. Namun, karena baru satu judul yang saya baca, saya belum bisa membandingkan.

Oiya, ada beberapa penulis yang karyanya tidak diragukan bagusnya. Tapi karena packaging yang terlalu tebal untuk saya, jujur saja, saya agak kurang tertarik membacanya. Sehingga saya belum mampu menginterpretasi gaya menulisnya. Sebut saja: Andrea Hirata, A. Fuadi dan Tere-Liye. Banyak yang merekomendasikan membaca buku-buku karya mereka, namun sampai sekarang belum sempat. Haha.. Tampaknya saya lebih tertarik buku tipis.

Ketika dulu ikut training jurnalistik, sang trainer menanyakan penulis favorit peserta. Menurut beliau, gaya menulis seorang penulis dipengaruhi oleh gaya menulis penulis favoritnya. Entah mempengaruhi berapa persen. So, bagaimana dengan gaya tulisan kita? Jadi teringat, dulu ada seorang teman yang mengeluh “iri”:

Coba liat note di FB, tulisan akhwat tu rata-rata cuma curcol. Sedangkan tulisan ikhwan lebih berbobot. Soale ikhwan tu bacaannya banyak..

Saya mencatatnya sebagai kalimat penyemangat untuk menulis lagi dan lebih banyak membaca. Tidak hanya dari penulis atau penerbit tertentu, tapi mencoba memperluas cakupan bacaan.

Lobi Farmasi, 7 Juni 2011, 11:20

Pernah dipublish di http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150286132268745

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 16,853 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

April 2012
S M T W T F S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 737 other followers

%d bloggers like this: