Script on Fire

Leave a comment

March 3, 2012 by loratadine

Sebelum aku memutuskan untuk gak ngulang kuliah lagi, aku sudah mantap tentang rencana jangka panjang: kalo emang kerja di apotek, rumah sakit, atau puskesmas harus pake syarat IPK, yaudah, buat apotek sendiri aja atau kerja di kerjaan yang gak mensyaratkan IPK. Jadi, Ayo Ne, skripsinya diselesaikan segera. Kita gak pernah tau kesibukan selanjutnya. Kalo skripsi udah selesai, dirimu bisa ngerjain yang disuka. Tanpa beban.

Nah, sambil nunggu profesi September, ada beberapa rencana:

Plan A: magang di Apotek

Plan B: freelance di KR/ Harjo/ RRI

Plan C: maen ke Jollie atau Rumah Cahaya, siapa tau ada lowongan di bagian produksi pernak – pernik, atau ya bagian packaging-nya lah.

Hmm, lama aku berpikir, mencoba menghadirkan aku dimasa depan. Sukses tanpa beban. Tapi mood nyekrip itu tak kunjung muncul juga.

Kamis pagi,

“Mbak ne tu sebenernya emang suka hal – hal kayak gini atau lagi stress sih?”, tanya Arkan sambil memandangku khawatir.

Aku terdiam dari aktivitasku membungkus kaleng permen dengan kertas origami.

“Entahlah, Kan.”

“Menurutku mending mbak pinjem novel deh, aku dukung. Daripada mbak kayak gini. Kemaren juga nge-hias – hias makanan gitu.”

“Aku gak papa koq, Kan. Ini lagi bikin kado untuk temenku yang milaad. Dari kemaren tu bingung mau ngasih apa. Buku bacaan? Buku tulis? Standar banget. Makanya nih bikin celengan”

“Ooo.. Yaudah kalo gitu. Bagus koq mbak. Kreatif. Gak perlu beli. Kalo saranku sih, mbak kasih reward untuk diri sendiri dulu, trus kerjain skripsi. Kayak waktu itu, baca 5 novel dulu, trus nyekrip. Menurutku itu lebih efektif daripada mbak gak mood nyekrip kayak gini.”

“Iya, ntar deh. Thanks ya”, jawabku sekedarnya.

Kamis malam,

Sebuah sms masuk dari My Bro: Woi dek, cakmano skripsi antm jadinyo? Nih dah maret :/

Aku cuma bisa diam. Tidak segera membalasnya. Aku hanya menjawabnya dalam hati: lah slsy ngambek data, Kak. Tp blm ane olah. Msh hrs nambah bikin pmbahasan. Revisi. Pendadaran.

Jum’at sore,

“Dari Nea ada qodhoya rowa’i gak?”

“Gak ada”, jawabku singkat. Apa yang harus diceritakan? No progress on my script.

Jum’at malam,

Dalam titik hening aku merenung. Kenapa mood nyekripku naik – turun? Aku sangat mudah teralihkan fokus. Padahal gak ngulang kuliah lagi, tapi susah banget mau fokus ke skripsi. What I’ve done this week?

Sepekan ini aku sudah mengganti papan nama di pintu Salima, merapikan laporan keuangan harian, rapat comdev Pa’ole. Yah, sempat lalai gak ikut sebuah acara, tapi aku sudah mengiqob diri dengan membuat tulisan dan mem-publish-nya. Buat 4 judul tulisan, nonton Puss in Boots dan Tangled, ikut 2 kali aksi, ngeliqo’i, liqo’, baca buku 10 orang yang dijamin masuk surga. Apa lagi ya?

Hmm, Amal yaumiy? Yah, standar sih. Mungkin memang harus kutingkatkan. Semakin berat amanah, tentunya harus semakin kuat maknawiyahnya. Jika tidak, keimanan akan semakin tergerus. Untuk apa mengucapkan syahadat setiap kali sholat? Tidak lain untuk memperbaharui iman.

Memulai kebiasaan baik sangat sulit. Tapi lebih sulit untuk mempertahankannya.

Masa SMA adalah masa di mana aku mulai membiasakan diri:

  1. Tilawah minimal 2,5 lembar/hari
  2. QL 3x/pekan
  3. Shaum senin&kamis
  4. Dhuha tiap hari
  5. Hafalan juz 30 1 surat/pekan
  6. Matsurat pagi&sore
  7. Sholat berjama’ah tepat waktu 2x/hari
  8. Rawatib 3x/hari
  9. Infaq 2x/pekan

Di kampus, semester – semester awal:

  1. Tilawah minimal 5 lembar/hari
  2. QL min 4x/pekan
  3. Shaum daud
  4. Dhuha tiap hari
  5. Selesaikan hafalan juz 30
  6. Matsurat pagi&sore
  7. Sholat berjama’ah tepat waktu 5x/hari
  8. Rawatib 4x/hari
  9. Infaq 3x/pekan

Tiap amalan mempunyai keutamaan masing – masing. Kedekatan dengan Al-Qur’an menjamin kebersihan hati dan keluasan pikiran. QL menajamkan bashiroh dan mampu menguatkan hati. Dhuha melapangkan pintu rezeki. Sholat berjama’ah tepat waktu melatih kedisiplinan dan ketaatan pada qiyadah. Wajar kalo ngeyel dengan mas’ul, wong sholatnya aja sendirian. Wajar kalo telatan, sholatnya aja entar – entar. Wajar kalo mood – mood – an, QL aja bolong – bolong, tilawah dan hafalan males – malesan. Gimana doanya mau diijabah? Wong ma’tsuratan aja disambi – sambi. Wajar kalo rezekinya sempit, dhuha aja gak disempatkan. (Alhamdulillah selalu sempat :-D)

Semoga belum terlambat untuk membiasakan diri lagi bangkit menghidupkan malam dengan QL dan tilawah, menahan lapar dan haus ketika shaum di teriknya siang, dan bersabar menanti azan dengan lantunan tilawah dan hafalan, khusuk dalam melafalkan ma’tsurat, ikhlash dalam berinfaq serta tuma’ninah di setiap sholat. Kestabilan liqo’ berpengaruh pada kestabilan amanah. Sedangkan kestabilan kondisi ruhiyah, akan berdampak dalam setiap lisan dan perbuatannya. Go ahead an try!

Mencoba berdamai dengan hatiku,

Salima, 2 Maret 2012, 20:47

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 16,853 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

March 2012
S M T W T F S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 737 other followers

%d bloggers like this: