Bedah Salima

Leave a comment

February 28, 2012 by yonea

 adalah salah satu kontrakan muslimah yang terletak di sendowo. Bisa dibilang ini satu – satunya kontrakan akhwat diantara banyaknya kos – kosan yang ada di sekitar kampus klaster kesehatan. Kalo diliat dari bangunannya yang berlantaikan ubin semen, Salima tampaknya didirikan sejak tahun 50-an atau 60-an. Salima dikelilingi 5 buah rumah yang bernomor sama yaitu Sendowo A5. Hal ini disebabkan pemilik rumah adalah 6 bersaudara yang 4 diantaranya tinggal di sekitar rumah utama. Jadi wajar ketika pertama kali maen, akan nyasar kalo cuma modal nomer rumah tanpa ancer – ancer dan ciri – ciri detailnya.

Pekarangan depan Salima berupa lahan yang cukup luas untuk parkir motor ataupun main badminton. Kita akan mendapati teras yang tidak cukup luas yang digunakan sebagai tempat parkir motor tetangga. Begitu pintu terbuka, kita akan melihat ruang tamu yang dialih – fungsikan menjadi tempat parkir motor dan sepeda serta rak sepatu. Ada 2 buah lemari dan 2 buah rak buku yang berisi warisan titipan Salimers terdahulu yang belum sempat diambil pemiliknya.

Ruang tengah berukuran sangat luas, sekitar 4 x 4 m2. Terdapat 3 buah jendela yang cukup besar untuk masuknya cahaya dari luar. Jika kita melihat keluar, ada semacam garasi samping berukuran 1 x 13 m2. Ruang ini digunakan untuk menyimpan benda yang tidak terpakai seperti meja, rak sepatu dan sepeda yang sudah rusak. Lantai ruang tengah dilapisi 2 buah karpet. Sebelah barat untuk space sholat berjama’ah sementara sebelah timur untuk aktivitas lainnya seperti makan bareng, ngenet, baca koran, dll. Fasilitas bersama yaitu TV  14 inci dan speedy 24 jam.

Rumah ini terdiri dari 5 kamar dengan ukuran yang berbeda. Kamar paling depan yang paling besar berukuran 4 x 4 m2, kamar terbesar kedua berukuran 3, 5 x 4 m2, kamar tengah 3,5 x 3,5 m2, kamar terkecil 2 x 3 m2, dan kamar paling belakang yaitu 3 x 3 m2. Tiap kamar pun punya fasilitas berbeda, diantaranya double window single door, single door one window, double door one window atau double door without window. Ribet yak? Yah, simpelnya tiap kamar punya sirkulasi udara dan cahaya yang lumayan bagus. Tak jauh dari ruang tengah, tepat di sebelah selatan kamar terkecil ada space untuk gudang dan jemuran pakaian setengah kering.

Lanjut ke bagian belakang Salima, ada 2 kamar mandi yang disebut dengan KM besar (sebelah kiri) dan KM kecil (sebelah kanan). Kamar belakang berada di sebelah selatannya. Space antara KM kecil dan kamar belakang ada dapur dengan peralatan masak yang cukup lengkap yaitu kompor gas kecil, wajan, panci, piring, gelas, mangkok, sendok, garpu, sumpit, dll.

Di sebelah utara dapur ada pintu belakang yang menghubungkan dengan dunia luar. Ini adalah space tanpa atap dari Salima. Sebuah sumur menjadi sumber air untuk keperluan sehari – hari. Jemuran yang luas dengan cahaya matahari langsung membuat pakaian cepat kering di musim kemarau. Namun ketika musim hujan tiba, tentunya Salimers harus siap mengangkat jemuran sebelum hujan membuat basah lagi pakaian yang sudah setengah kering. Jika tidak, maka pakaian kotor akan menggunung karena pakaian basah berhari – hari tak kunjung kering.

Nah, itu tadi bedah Salima secara fisik. Sedangkan yang tak kalah penting adalah membedah para penghuni Salima a.k.a Salimers (Sa5ers). Para sesepuh mengaku membentuk Salima atas dasar fikroh yang sama. Kalo gak salah sih, pertama kali muncul ide membentuk kontrakan akhwat tu tahun 1998. Tentang tahun, agak – agak lupa, entah 1998 itu pindah ke Sendowo atau pertama dibentuk di Pogung. Yang jelas dulu awalnya Salima itu di Pogung. Kenapa namanya Salima? Salima berasal dari kata salim, yang berarti selamat. Nah, harapannya para Salimers bisa selamat sampe akhirat. Amiiin. Karena kontraknya habis, makanya Salima pindah ke sendowo. Eh, pas banget dapat rumah di blok A nomer 5. Dari sana muncul istilah Sa5, kepanjangan dari Sendowo blok A nomer 5.

Formasi Salimers 8 – 9 orang. Pernah sih 10 orang, kamar depan bertiga! Jelas gak nyaman lah ya. Makanya dibuat kuota maksimal 9 orang, yaitu empat kamar berdua, yang satu sendiri (kamarnya kecil gitu, gak mungkin berdua kan?). Seiring beriringnya waktu, ada berbagai pergantian peraturan dan formasi. Oleh karena itu, demi kenyamanan bersama ada jadwal piket harian, pekanan dan bulanan.

Inilah para Salimers:

Sesepuh: Mb Aan, Mb Anggun, dll

2002: Mb Astri, Kakak Ayu

2003: Mb Evi

2004: Mb Dini, Mb Meliza

2005: Mb Embun, Mb Halida, Mb Niken

2006: Mb Cici

2007: Shinta, Ispri, Nea, Rika

2008: Puja, Arkandini

2009: –

2010: Miski, Nita

2011: Hanifah

Selain itu, ada istilah Penghuni Gelap Tetap (PGT). Ini berlaku untuk para pengunjung tetap Salima. Baik itu para Salimers yang sudah pindah, atau teman – teman yang sering maen ataupun sekedar mampir ke Salima. Gak perlu disebutin kali ya? Biar gak ketauan. Namanya juga PGT. Identitasnya harus dirahasiakan.

Nah, formasi terakhir disepakati kuotanya cuma 7 orang dengan 2 kamar depan dihuni 2 orang dan 3 kamar lainnya sendiri – sendiri. Jadwal piket per hari satu orang. Sedangkan piket pekanan dan bulanan disesuaikan. Salima hanya mempunyai satu kunci pintu depan. Oleh karena itu, ketika terpaksa pulang malam lebih dari jam 21.00, maka harus memberi tahu penghuni lainnya. Jika tidak, maka akan terancam tidak akan ada yang membukakan pintu. Terpaksa tidur di luar atau mabit di tempat teman.

Kontrak Salima tiap 2 tahun, terakhir perpanjangan Juli 2011. Oleh karena itu, masa kontraknya hingga Juni 2013. Kondisi terupdate Salima, penghuninya sekarang tinggal berenam. Oleh karena itu, sedang dicari nih orang ke-7-nya. Ada space untuk 1 orang di kamar depan. Harga per bulan yaitu Rp 133.000. Total untuk periode Maret 2012 hingga Juni 2013 terhitung 16 bulan yaitu Rp 2.128.000. Tiap bulan ada iuran wajib yaitu Rp 35.000/orang untuk membayar tagihan listrik, telpon, koran Republika, sampah, RT, dan beli gas. Sedangkan iuran speedy Rp 36.000/orang, tapi sifatnya hanya untuk yang berlangganan saja. Untuk non member infaq ngenet hanya Rp 2.000/jam.

Fasilitas umum terdekat: 3 warung makan (Warpin, eka, nana), burjo 24 jam, nana laundry dan lovely laundry, Taman Bacaan Nova, Cozy print dan fotokopi 24 jam, Kopma, Sardjito, Apotek UGM, Mirota Kampus, dll.

Tertarik? Hub Salima call center (0274) 543 433 atau ke 081927762890 (nea)

#catatan ini juga bisa diliat di http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150718494653745

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 17,319 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

February 2012
S M T W T F S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 765 other followers

%d bloggers like this: