Mix ‘n Match

Leave a comment

February 27, 2012 by loratadine

Apa yang kalian lakukan pada senin pagi jika jum’at – ahad full dengan kehujanan di sore harinya?

Of course nyuci. Ada temanku yang bilang bahwa nyuci tu riyadhoh, ada juga yang bilang bahwa nyuci itu waktunya konser. Yah, daripada bengong kan? Ntar kesambet lagi. Summer Parade Depapepe dari Asyaro pun mengiringi suara air keran.
“Mbak Ne, ni matcing gak?”, Misuki chan yang mau berangkat kuliah pun menghampiriku.

Aku menelitinya dari ujung kaos kaki hingga ujung jilbab. Ijo-Ijo-Putih.

“Aku juga biasanya gitu. Selalu 2 warna yang beda atau 1 warna tapi gradasi. Gak pernah tuh kalo pake gamis item truz pake jilbab item. Mesti pake jilbab putih atau oren atau ijo atau ungu.”

“Jadi gak papa nih gini?”

“Iya.”

Misuki chan pun berlalu dan menuju ke kampus bersama ransel hitamnya.

Aku pun melanjutnya aktivitas mencuciku. Jadi inget Isupuri san. Dulu waktu dia di salima, mesti heboh kalo mau berangkat.

“Neaaa.. menurutmu kalo bajunya ini, roknya mending yang ini atau yang ini? Truz jilbabnya yang mana?”

Pun demikian dengan Arkan. Dulu aku seringkali berteriak ketika melihatnya mengendap – endap mau pergi dari salima mengenakan jilbab coklat, baju biru dan rok hitam.

“Astaghfirullah arkaaaaan.. Mau kemana??? Ganti jilbab!”

Talk about syle, aku bukan orang yang suka ngikutin mode. Tapi emang sudah jadi kebiasaan di rumah untuk selalu memperhatikan style. Dengan jumlah pakaian seadanya, aku dan adek terbiasa untuk kreatif mix n match. Jika menggunakan kemeja bermotif bunga, garis – garis atau kotak – kotak, maka akan dipadukan dengan bawahan warna gelap. Jika atasannya polos, maka kami akan menggunakan bawahan bermotif atau ada bordirnya. Pun dengan jilbab, gak mesti sewarna dengan baju dan rok. Kami sering menggunakan bawahan jeans, kaos putih polos dan jilbab merah atau hijau.

Kalo dipikir – pikir, jadi akhwat koq ribet beud yak? Tapi emang ini bagian dari dakwah. Pernah baca Jangan Jadi Muslimah Nyebelin? Di buku itu, Asma Nadia menguraikan sebab – sebab orang sebel sama muslimah? Salah satunya beliau menyampaikan tentang masalah pakaian. Akhwat yang suka pake baju tabrak lari, tentunya bikin banyak yang nge-gosip-in. Beliau juga banyak memberikan tips n trik biar matching. Kalo di Jepang, justru konsep tabrak lari Harajuku Style cukup berkembang di kalangan para muda – mudinya.

Menurutku, sebagai muslimah, yang penting memenuhi syarat menutup aurat (An-Nur: 31 dan Al-Ahzab: 59). Jilbab tidak tipis dan tidak transparan. Nah, dengan perkembangan jilbab sekarang tentunya jilbab paris menjadi pilihan. Selain harganya yang terjangkau, pilihan warnanya pun banyak. Hanya dengan sedikit modifikasi dengan renda – renda, kancing, manik – manik, atau pun pita, jilbab paris mampu jadi jilbab cantik. Masalahnya adalah jilbab paris cukup tipis dan transparan. Biar tebel ya pake dobelan lah~

Di sana lah syiarnya. Jaman sekarang ini, syiar gak cukup dengan kajian dan dauroh. Mayoritas kader sekarang punya facebook dan blog. Yah, media online jadi alternatif syiar yang efektif. Dari diskusi dengan mbak Aan, menurut beliau generasi sekarang adalah generasi pop. Oleh karena itu, metode dakwahnya juga beda dengan dulu. Coba baca Jangan jadi Bebek-nya O. Solihin, buku – buku FLP jaman kita SMP – SMA, bahasa yang digunakan sangat berbeda dengan buku – buku Islami terbitan Indiva Media Kreasi.

Eh, koq jadi malah ngomongin buku lagi?

Ya sudah lah ya, sebelum nambah ngaco, untuk kali ini sekian dulu aja tentang style. Akan banyak cerita tentang style. C u~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 16,865 hits

Goodreads

Instagram

My Script

Daily Story

February 2012
S M T W T F S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 737 other followers

%d bloggers like this: